Cara Membuat Mobil-mobilan Dorong dari Bambu

Artikel ini membahas cara membuat mainan mobil-mobilan yang dapat bergerak dengan cara didorong dan menggunakan bambu sebagai bahan dasarnya. Mobil-mobilan termasuk kategori mainan yang disukai banyak anak, terutama laki-laki. Berdasarkan ide-ide kreatif para pembuat mainan, kini mobil-mobilan juga bisa dibuat dari bahan alami seperti bambu. Permainan ini telah ada dan populer sejak zaman orang tua kita dulu, dan kini tutor mainan hadir untuk memberikan tutorial atau penjelasan terkait judul di atas.

Mobil mainan yang di dorong itu banyak jenisnya, akan tetapi yang satu ini unik dan berbeda dari yang lain. Bagi Anda para orang tua, silahkan praktekkan tutorial ini di rumah masing-masing. Adapun langkah pembuatannya cukup mudah dan bahan yang digunakannya pun relatif sederhana. Dengan biaya yang ekonomis (murah) anda bisa mendapat mobil mobilan berkualitas untuk anak Anda meskipun terbuat dari bambu.

Untuk memahami cara pembuatan mainan ini, silahkan dibaca tutorialnya sampai selesai tanpa melewatkan keseluruhan isi artikel ini. Dengan begitu, Anda dapat memahaminya secara utuh untuk menghindari kesalahan persepsi.

Alat dan bahan: 
(1) Bambu satu ruas; (2). Bambu yang sudah dibelah 2 leunjeur, panjang 1.5 meter; (3). Sandal jepit bekas 2 buah; (4) Golong bekas benang jahit 2 buah; (5) Pahat; (6) Pisau raut; (7) Karet gelang; (8) Gergaji.

Langkah-langkah pembuatan:

Langkah Pertama: Siapkan ruas bambu, kemudian hilangkan sebelah bagiannya dengan gergaji. Rapikan setiap sisi agar tidak ada hinis bambu. Saat memotong, gunakan sarung tangan agar terhindar dari hal yang tidak diharapkan.

Langkah Kedua: Pahat bagian samping yang tidak dipotong pada salah satu ujungnya sehingga membentuk lubang persegi untuk memasukan gagang pendorong. Bagian tersebut sebaiknya dibuat sedikit lebih besar dari gagang supaya longgar.

Langkah Ke-3: Siapkan leunjeur bambu untuk membuat pendorong sekaligus diberi roda dan as tempat menempelnya roda. Buat dulu roda atau gelinding mobil dengan melingkari alas sandal jepit, kemudian dipotong dengan pisau raut. Buat juga pasak untuk menyatukan dua buah roda.

Langkah Ke-5: Masukkan gagang dorong ke lubang yang dibuat dengan pahat. Setelah itu, belah bagian ujung gagang dengan pisau raut. Posisi membelah bambu harus mengikuti gepeng bambu. Selanjutnya, masukkan atau selipkan golong bekas benang jahit ke belahan tersebut.

Langkah Ke-6: Masukkan pasak bambu ke lubang golong, kemudian tusuk roda dengan pasak pada kedua ujungnya. Bagian ini akan terlihat seperti 'barbel' dan nantinya menjadi roda depan sekaligus pengendali mobil.

Langkah Ke-7: Ikat belahan yang telah disisipi golong dengan karet gelang. Lebih baik lagi kalau mengikatnya dengan karet ban dalam bekas sepeda supaya ikatan lebih kuat.

Langkah ke-8: Kupas setengah hinis bambu di bagian bawah mobil menggunakan pisau raut untuk membuat dudukan roda belakang. Masukkan lagi golong yang satunya lagi ke celah kupasan hinis yang telah dipersiapkan. Masukkan juga pasak dan pasang 2 roda berikutnya. Ikat celas hinis dengan karet. Selesai.

Itulah tutorial tentang Cara Membuat Mobil-mobilan Dorong dari Bambu. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Kalau mau, Anda juga bisa membaca Cara membuat mobil mainan dari botol plastik bekas air mineral.

0 Response to "Cara Membuat Mobil-mobilan Dorong dari Bambu"

Post a Comment