Pengenalan Singkat tentang Permainan Gatrik

Mungkin diantara Anda yang sedang membaca artikel ini ada yang sebatas pernah mendengar, atau mungkin sudah tahu dan ingin lebih memahami tentang permainan gatrik. Di artikel ini saya akan memperkenalkan kepada Anda secara singkat mengenai permainan tersebut. Jadi, bagi yang ingin mengetahui lebih dalam tentang gatrik, silahkan Anda simak penjelasan berikut.

Gatrik merupakan suatu permainan tradisional yang bisa dimainkan secara individu (perorangan) atau pun berkelompok (Tim). Permainan tersebut Di daerah Jawa Barat, gatrik sebagian besar dimainkan oleh anak-anak.

Untuk memainkan gatrik, kita membutuhkan alat yang bentuknya seperti tongkat, dan alat tersebut terbuat dari bambu. Jumlah tongkat ada 2, yang satu berukuran agak panjang (kira-kira 50 cm), dan yang satunya lagi pendek (sekitar 20 cm).

Nah, itulah pengenalan mengenai bentuk alat yang dipakai dalam gatrik.

Selanjutnya, kita akan bahas aturan permainannya.

Aturan dalam bermain gatrik
  • Pemain yang kalah harus menggendong lawan main-nya
  • Semua anggota tim yang pertama bermain memiliki kesempatan melempar tongkat gatrik hingga permainan berakhir
  • Permainan tersebut berakhir atau bergilir jika tongkat gatrik yang ukurannya pendek berhasil ditangkap oleh tim lawannya saat dilemparkan, atau saat tongkat gatrik panjang berhasil dijatuhkan dari tempatnya. Jika terjadi seperti itu, maka anggota yang melemparkan tongkat diganti dengan anggota yang lain dalam Tim tersebut
  • Bila tidak ada yang bisa menangkap atau menjatuhkan tongkat gatrik, maka permainan terus berlanjut
  • Lemparan kedua adalah tahapan di mana permainan ini akan menghasilkan jarak gendongan untuk kemenangan sebuah tim. Setelah mendarat di tanah, maka tim pemain pertama harus berusaha menjauhkan tongkat tersebut dari area permainan. Menjauhkan gatrik dari area bermain dilakukan dengan cara memukul tongkat gatrik pendek menggunakan tongkat panjangnya. Memukul gatrik dilakukan dengan posisi membelakangi tongkat pendek yang ada di bawah atau di kolong pemain.
  • Pemukulan terhadap gatrik akan berakhir apabila jarak perpindahannya dari pemain itu sangat dekat (kurang dari panjang tongkat pemukulnya)
  • Tim yang kalah dalam permainan, wajib menggendong tim yang menang sebagai hadiah atas kemenangannya
  • Jarak gendong yang diberikan itu sesuai dengan jauhnya gatrik berpindah dari area atau tempat awal bermain.

Setelah memahami aturan di atas, kemudian, bagaimana cara memainkannya?

Nah, berikut ini adalah cara atau langkah-langkah memainkan gatrik.
  • Siapkan 2 buah batu atau bata (ini adalah tempat di mana tongkat pendek diletakkan pada saat memulai permainan
  • Pilih tim atau pemain pertama dengan cara lempar koin, atau semisal itu
  • Setelah didapatkan mana tim pertama, selanjutnya memegang kendali tongkat gatrik
  • Simpan tongkat yang pendek di atas kedua batu atau bata yang telah disiapkan tadi (posisi tongkat terhadap batu, seperti pada gambar 1.2.)
  • Lemparkan tongkat tersebut ke arah tim lain menggunakan tongkat pasangannya (cara melemparnya bisa dilihat pada gambar 1.3). (Catatan: Tim lawan dapat menggagalkan anggota tim yang sedang bermain dengan cara menangkap tongkat pendek saat melayang di udara. Namun, jika tidak ada yang berhasil menangkapnya, maka pemain itu harus terus melanjutkan permainannya ke tahap di bawah ini)
  • Simpan tongkat panjang di atas batu (tujuannya yaitu memberi kesempatan tim lain menggagalkan lagi permainan tersebut. Tim yang lain akan melemparkan tongkat pendek dengan tujuan menjatuhkan tongkat yang telah disimpan di batu. Dengan begitu, permainan salah satu anggota harus berhenti sampai di situ
  • Jika tak ada yang berhasil menggagalkannya lagi pada tahap tersebut, maka tim pemain utama harus melakukan lemparan kedua. Caranya yaitu dengan menaruh tongkat pendek di atas yang panjang (posisinya seperti palang)
  • Tongkat panjang mengangkat yang pendek agar melayang di udara, setelah itu tongkat pendek itu dipukul dengan tongkat yang panjang
  • Saat tongkat pendek tergeletak di tanah, lakukan pukulan berikutnya dengan posisi pemain berada di atas tongkat pendek (tongkat ada di kolong pemain saat berdiri)
  • Pukul tongkat yang pendek sejauh mungkin agar mendapatkan gendongan yang lama. (Catatan: pemain yang kalah harus menggendong yang menang. Jarak gendongannya adalah sejauh tongkat pendek itu dari lokasi awal tempat bermain).
Nah, itulah cara memainkannya. Seru, kan?

Kalau Anda belum bisa membuat sepasang tongkat gatriknya, Anda bisa membaca panduan di bawah ini.
  • Siapkan 2 potong bambu (bentuknya seperti bahan untuk pagar bambu. Pasti tau, kan?)
  • Potong satu bambu dengan panjang 50 cm, dan yang satunya lagi 20 cm
  • Buang dan rapi-kan hinis (kulit bambu) yang ada pada bagian sampingnya agar tidak melukai kita saat bermain.
Itulah pengenalan singkat yang dapat saya sampaikan mengenai gatrik. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah sedikit wawasan kita akan permainan tradisional di Indonesia.

Lampiran gambar:

Gambar 1.2 (klik untuk memperbesar tampilan)

cara melempar tongkat pendek disimpan di atas batu
Gambar 1.3 (klik untuk memperbesar tampilan)

0 Response to "Pengenalan Singkat tentang Permainan Gatrik "

Post a Comment