Cara Membuat Papan Ular Tangga Lengkap dengan Dadu-nya

Cara Membuat Papan Ular Tangga Lengkap dengan Dadu-nya
Gambar oleh Pixabay (Edited by Admin)

Ular tangga merupakan sebuah permainan yang tujuannya yaitu berlomba untuk mencapai finish. Dalam permainan tersebut terdapat sejumlah petak (100 buah petak) yang harus dilewati oleh setiap pemain hingga akhirnya dapat mencapai finish yang ditunggu-tunggu.

Untuk bisa sampai di finish, tentunya pemain harus berjuang dengan susah payah agar perjalanannya tidak terhambat oleh ular yang dapat menjauhkan pemain dari finish, karena ketika pemain menginjak ekor ular yang ada pada petak tertentu, maka pemain tersebut akan kembali ke tempat yang pernah dilewatinya, sehingga ini memungkinkan permainan tidak bisa berhasil dengan cepat.

Akan tetapi, di balik itu ada tangga yang dapat membantu para pemain agar cepat sampai pada tujuan akhir dari permainan tersebut. Ketika pemain menempati petak yang bertangga, maka ia dapat mempercepat selesainya permainan, karena saat itu pula pemain akan berpindah ke petak yang lebih jauh dari sebelumnya, sehingga memungkinkannya untuk bisa lebih cepat mencapai garis finish yang diharapkan.

Mengingat permainan ini cukup populer di kalangan anak hingga orangtua, maka kali ini saya akan memberikan membahas tentang cara membuat peralatan untuk bermain ular tangga, yakni papan permainan ular tangga yang dilengkapi juga dengan dadu-nya. Papannya terbuat dari kertas jilid dari buku tulis bekas. Sedangkan dadu terbuat dari penghapus bekas.

Nah, berikut ini pembahasan selengkapnya.

Alat dan bahan
  • Jilid buku tulis
  • Pensil dan pulpen
  • Penggaris
  • Penghapus
  • Cutter.

Langkah-langkah pembuatan papan ular tangga
  1. Siapkan jilid buku tulis
  2. Buat 100 petak yang ukurannya sama besar (gunakan penggaris agar ukuran petaknya sama)
  3. Tulis-lah nomor pada setiap petak secara berurutan dari nomor 1 sampai 100 (mulailah dari petak sebelah kiri paling bawah). Pemberian nomor urut pada petak harus seperti spiral ke samping, dan terus berlanjut sampai ke atas.
  4. Gambar-lah ular dengan jumlah dan panjang sesuai selera.
  5. Gambar juga tangga dengan tinggi dan jumlah yang ditentukan.
  6. Bila diperlukan, warnai petak supaya lebih menarik.
  7. Buat simbol bendera start pada petak nomor 1, dan gambar bendera finish di petak nomor 100.

Cara membuat dadu untuk permainan ular tangga
  1. Siapkan penghapus bekas
  2. Bentuk penghapus menjadi kotak (kubus) dengan menggunakan cutter
  3. Berilah mata atau titik pada setiap sisi kotak dari mulai 1 sampai 6, dan
  4. Dadu siap digunakan.
Anda masih ingat cara memainkannya?
 
Nah, sebagai tambahan, saya juga akan mengingatkan kembali cara memainkan ular tangga agar kita punya persepsi yang sama saat bermain.
 
Cara bermain:
  • Ambil 1 buah dadu, kemudian kocok pada wadah (bisa menggunakan cangkir plastik)
  • Lempar dadu dari dalam cangkir dan lihat mata dadu yang keluar untuk Anda
  • Jika muncul mata dadu 6, artinya Anda bisa berjalan dari petak 1 (start) sebanyak 6 langkah ke nomor berikutnya, begitu juga bila Anda mendapatkan mata 1, 2, 3, dan seterusnya, langkahnya pun disesuaikan
  • Jika ternyata Anda mendapatkan mata dadu 6, maka Anda berkesempatan untuk mengocok dadu lagi (itu bisa terus terjadi selama mata dadu yang muncul adalah 6, dan berhenti apabila sudah tidak muncul lagi mata 6-nya).
  • Ketika menginjak petak berisi ekor ular, mau tidak mau, Anda harus mundur atau kembali lagi ke petak tempat beradanya kepala ular yang ekornya Anda injak.
  • Ketika Anda beruntung dan ada pada petak bertangga, maka cepat pindahkan pionir Anda sejauh atau setinggi tangga tersebut.
Itulah tutorial kali ini yang dapat saya sampaikan. Semoga tutorial pembuatan papan dan dadu ular tangga ini bermanfaat dan bisa segera Anda praktikkan di rumah.

0 Response to "Cara Membuat Papan Ular Tangga Lengkap dengan Dadu-nya"

Post a Comment